Kamis, 08 September 2016

Tips berkarir sebagai gitaris solo

Menjadi gitaris solo tidaklah mudah, buktinya tidak banyak gitaris solo yang terkenal diabad ini, jumlahnya masih bisa kita hitung dengan jari. Hal itu terjadi karena berbagai sebab dan mayoritas memang karena selera masyarakat yang kurang begitu tertarik melihat pertunjukkan solo gitar.

Buat kamu yang sudah rela beli gitar paling mahal untuk menjadi seorang solois terbaik di Indonesia bahkan dunia pastinya tidak ingin kan terisisih begitu saja dari industri musik? Nah yang kamu perlukan bukan hanya skill yang mumpuni. Jika ingin karirmu sebagai gitaris solo terus melejit cobalah ikuti tips dibawah ini:

a.       Berhenti berkarir sejenak

Ya, memang tips ini agak aneh. Namun jika kamu benar-benar mau serius menjadi solois hal ini memang harus dilakukan. Berhentilah sejenak dari industri musik dan mulai merancang jenis musikmu sendiri. Setelah merasa menemukan musik yang kamu banget barulah tunjukkan lagi kepada dunia bagaimana permainanmu.

Menyendiri beberapa saat biasanya efektif mengantarkanmu pada ide-ide besar musik yang sebelumnya tak pernah terpikirkan karena alasan rutinitas. Saat menyendiri kamu akan sadar bagaimana harus mengemas diri dan membuat identitas yang sesuai karakter sendiri.

b.      Jangan berikan yang penonton mau

Jika kamu ingin bertahan sebagai gitaris solo mulailah belajar menahan diri untuk tidak mengikuti apa yang penonton inginkan, namun teruslah menjaga konsistensi permainanmu sendiri. Sesuai ciri khas kamu. Ya, penonton memang akan merasa jenuh dengan permainanmu yang begitu saja, tapi itu jauh lebih baik dibanding kehilangan ciri khas karena kamu terus berupaya mengikuti keinginan penonton yang sejatinya selalu berubah-ubah

c.       Membuat plan B

Di Industri musik uang sangatlah berjasa besar, jika kamu merasa dengan menjadi gitaris solo harapan untuk menjadi sukses alias memiliki pendapatan besar kemungkinannya sangat kecil, buatlah plan B. Yakni rencana mengenai pekerjaan apa yang harus dimiliki agar dapat menunjang karir solo gitarmu. Jangan naif, kita semua membutuhkan uang dan itu tidak bisa didapat jika kamu hanya tampil di gigs-gigs kecil. Jangan menempatkan dirimu dalam posisi sulit keuangan, sebaliknya biarkan dirimu dilimpahi banyak harta agar dapat fokus mendalami karir sebagai seorang gitaris solo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar