Selasa, 09 Agustus 2016

3 Hal yang harus diketahui oleh setiap drummer pemula

Populasi drummer pemula sangatlah besar dan hampir sebagaian dari mereka mengandalkan kursus drum untuk meningkatkan kemampuan bermainnya. Mereka berlomba untuk mendapatkan modul terbaik, mencari tahu bagaimana caranya menggenggam tongkat dengan baik, bermain dalam satu genre musik, belajar dasar-dasar tertentu, dan sebagainya.

Banyak instruktur sukses menerapkan metode belajarnya dengan mengajarkan hal-hal dasar mengenai teknik kemudian beralih ke teori. Namun semakin berkembangnya teknologi metode yang mereka terapkan kini sudah menjadi kuno dan basi, para pemula merasa tidak lagi bisa memetik pelajaran dari tempat kursusnya sampai mereka akhirnya bertanya, "Mengapa tidak mengajar diri sendiri saja?"

Boleh-boleh saja kamu memilih belajar sendiri tanpa pengawasan dan bimbingan orang yang lebih ahli. Tapi jika belajar sendiri setidaknya kamu harus menguasai tiga hal ini:

a. Teknik tangan dan kaki
Salah satu pembelajaran yang harus dikuasai oleh setiap pemula adalah teknik tangan dan kaki. Bagaimana cara menggunakan stik dengan benar dan juga duduk dalam posisi tepat. Sebab kesalahan dalam posisi berarti kegagalan dalam segala hal. Kaki haru menjejak tanah agar bisa menginjak pedal sementara lutut harus bebas bergerak agar kita tidak kesulitan memainkan bass

b. Ketat vs longgar
Yang dimaksudkan disini adalah ketika memegang stik. Jangan terlalu menggenggam erat stik hingga ia tak bisa memantul bebas. Genggamlah dengan kuat saja untuk memastikan stik tidak loncat atau terlepas dari tanganmu. Seorang drummer kawakan Jim Chapin menyarankan peganglah tongkat seperti cara anak burung mencengkram batang kayu. Trik ini membuat kedua pergelangan tangan dan jari leluasa bergerak

c. Bebas dan terkontrol
Nah bebas dan terkontrol ini adalah masalah bagaimana kamu bermain. Untuk pemula sebaiknya kontrol diri dan usahakan untuk jangan dulu bermain menggunakan emosi karena beresiko mempengaruhi tempo. Bermain penuh emosi juga membuat drummu cepat rusak karena emosi biasanya mendorong untuk bermain cepat. Kamu tidak mau kan baru beberapa bulan beli drum harus beli yang baru lagi hanya karena masalah emosi?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar