Selasa, 09 Agustus 2016

3 Tips Tentang gitar yang harus dibeli

Saya menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk menemukan gitar yang benar-benar sesuai selera. Itu adalah proses yang  panjang dan sulit, sebab ketika usia bertambah selama itu pula selera musik kita berubah. Saat muda mungkin kamu menginginkan gitar yang digunakan Joe Satriani, Steve Vai dan Dime Bag Darrel. Namun 20 tahun kemudian pasti selera musikmu akan berubah. Nama-nama seperti Ryan Adams, Damien Rice, John Mayer dan Jack Johnson akan mulai masuk dalam list gitaris idola.

Karena itu bersiaplah menghadpi masalah memilih dan membeli gitar yang tepat karena ada banyak gitar bagus yang tersedia dipasaran. Ada ratusan yang cocok untuk pemula ada pula yang dibuat khusus untuk profesional. Sebelum kamu berkeliling ke toko musik dan beli gitar diskusikan dulu dengan guru gitar dan beberapa orang yang lebih berpengalaman. Tapi, jika tak punya keduanya kamu hanya perlu mengikuti tips dibawah ini:

a. Gaya
Pertama, tanyakan dirimu sendiri apa gaya musik yang ingin dimainkan
(A) Apakah kamu ingin memainkan musik rock, blues atau metal? (U2, Metallica, Red Hot Chili Peppers)
(B) Apakah kamu ingin menjadi gitaris sekaligus penyanyi dan pencipta musik? (Eagles, John Mayer, Jack Johnson)
(C) Apakah kamu ingin bermain musik klasik? (Andrés Segovia, John Williams, Julian Bream)

Jika kamu memilih (A) maka beli gitar elektrik
Jika kamu pilih (B) maka beli gitar akustik
Jika kamu pilih (C) maka beli gitar klasik

b. Usia
Jika ingin menghadiahkan gitar untuk usia 6-10 tahun sebaiknya berikan gitar dengan string nilon atau gitar klasik.

Gitar dengan string nilon lebih mudah digunakan dibandingkan gitar string baja. Untuk mereka kamu bisa belikan gitar dengan ukuran 3/4 atau 1/2. Sementara untuk orang dewasa tidak ada batasan-batasn khusus asal nyaman digunakan ditangan saja

c.Kebutuhan
Jika kamu adalah tipe gitaris yang memainkan banyak jenis lagu, sebaiknya beli gitar elektrik saja karena mampu memberikan puluhan jenis suara berbeda. Namun, kalau kamu ingin mendalami blues atau jazz sebaiknya beli gitar klasik karena bentuknya sangat mendukung kamu untuk belajar musik-musik konservatif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar