Senin, 08 Agustus 2016

Memilih jenis stik drum sesuai genre musik

Dengan beragamnya jenis dan merek stik drum yang ada dipasaran saat ini, kamu benar-benar harus memastikan dan memilih stik yang paling tepat dengan genre musik pilihanmu apalagi jika musik yand dimainkan adalah heavy metal, tidak mungkin kan kamu memainkan stik drum jazz untuk musik metal? Biarpun menghasilkan bunyi namun kamu akan kehilangan ciri khas metal.

So, sebelum kamu beli stik drum sebaiknya analisis apa kebutuhan stikmu. Caranya? Yakni dengan mengenal lebih jauh mengenai stik drum. Yuk kita berkenalan lebih jauh dengan stik drum:

Pertama, mulailah berkenalan dengan stik kayu
Ada 3 jenis utama dari kayu yang digunakan untuk membuat stik. Ada Maple, yang merupakan kayu dengan bobot yang lebih ringan yang memiliki fleksibilitas yang sangat baik. Maple sangat bagus untuk penyerapan energi, yang berarti kamu tak perlu memukul terlalu keras. Kemudian ada Hickory, yang merupakan kayu yang paling umum dengan penyerapan energi yang layak dan fleksibel. Terakhir, ada Oak, yang merupakan kayu terpadat. Stik yang terbuat dari kayu Oak tidak akan pecah. Tapi kamu akan merasakan getaran yang sangat terasa karena penyerapan energi yang kurang baik

Kedua, mulailah memilih tip
Setelah menemukan stik dengan kayu yang teoatm kini giliaran kamu memilih tip yang biasanya terbuat dari dua jenis yaitu nylon dan kayu, yang paling umum digunakan adalah tip dari kayu. Tapi bukan berarti jenis nilon buruk. Tip dari nylon cocok digunakan dalam studio dan digunakan untuk drum elektrik. So, jika kamu sudah beli drum elektrik sebaiknya pilih stip dengan tip dari nylon saja.

Ketiga, pilih ukuran yang tepat
Hal yang tidak boleh dilewatkan jug adalah menemukan ukuran stik yang tepat. Biasanya beda produsen besa ukuran yang ditetapkan sehingga jangan heran jika kamu mendapati ukuran stik yang berbeda namun mirip. Namun secara umum ada tiga kategori stik yang bisa kamu pilih, yakni:

-7a. stik tipis, lebih ringan dimaksudkan untuk suara lebih lembut sangat cocok untuk musik jazz
-5a. Ini adalah stik yang paling umum digunakan. ketebalannya yang sedang memungkinkan kedua tangan bermain keras dan lembut, sangat cocok untuk musik rock
-2b / 5b. Ini lebih tebal dari rata-rata memberikan efek suara lebih keras, dan sangat ideal untuk musik heavy metal dan rock.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar